Laman

Pustaka Aceh Online, Karya tentang Aceh Tempo Doeloe

Saleum seujahtera... sebenarnya pengen banget posting dalam bahasa Aceh tapi mengingat dan menimbang akhirnya menulis dengan bahasa indonesia juga. hehehe...

Singkat and to the poin aja, bagi teman-teman yang senang akan sejarah, lagi nyari literatur tentang Aceh atau ingin menambah koleksi sejarah Aceh, artikel ini mungkin yang anda cari.


Saya akan membagikan sebuah alamat website yang khusus menyediakan buku-buku tentang Aceh berupa sejarah, karya sastra, hikayat dan lainnya. Proyek digitalisasi buku-buku ini dibiayai oleh pemerintahan Belanda dan tersimpan diperpustakaan The Royal Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies (KITLV) di Leiden. Website ini persembahan pemerintah kerajaan Belanda khusus untuk Aceh pasca tsunami 2004.

Disini teman-teman akan menemukan lebih dari 1200 buku tentang Aceh, seperti buku: Sanggamara, Puentja, Hikajat Prang Sabi, etc... Buku disini terdiri dari beberapa bahasa sesuai pengarangnya, mulai dari bahasa Aceh, Inggris, Belanda, dan beberapa bahasa Eropa lainnya.

Buku yang ada sangat bervariasi mulai dari buku yang ditulis pada abad ke 17 M sampe dengan sekarang ada disini. Tampilan websitenya sangat simple, tinggal klik aja index atau search index pada panel sebelah kiri untuk mencari berdasarkan judul, pengarang, maupun keywords. Semuanya dapat didownload secara gratis dalam format pdf...  

Yang sudah pada gak sabaran, langsung aja ke TKP ---> klik disini  


Semoga bermanfaat, Aamiiin... 


Wassalam...

Daftar Isi