Laman

Mahasiswa SEJATI atau COPY PASTE..?

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya bila merenungi sejenak. Apa sih sebenarnya tujuan anda kuliah.? Untuk menimba ilmu.? Meningkatkan status sosial.? Untuk sebuah gengsi.? Atau malah yang lebih parah lagi karena desakan dan memenuhi keinginan orang tua.?

Kalau hanya untuk mendapat gelar Sarjana atau Master yang menjadi tujuan utama tanpa dilandasi rasa keinginan atau kebutuhan akan pengembangan pengetahuan dan kematangan dalam berfikir, maka dapat dipastikan kuliah adalah suatu beban yang sangat menyiksa dan menjadi penderitaan yang tiada akhir bagi anda. Fenomena seperti ini tanpa anda sadari akan membentuk suatu sikap dan semangat belajar yang jauh dari harapan pada diri anda. 

Dilema ini akan lebih parah lagi kalau ternyata perguruan tinggi tempat anda menuntut ilmu hanya memberi pengetahuan praktis dengan media power point, fotocopy, softcopy atau dengan metode dikte materi kuliah tanpa memberi tantangan lebih kepada anda untuk berpikir konseptual dan kritis. Yang terjadi selanjutnya adalah akan terbentuk sikap dan perilaku “Datang, Duduk, Diam, Catat dan Malas untuk berfikir” pada diri anda. 

Catatan kuliah anda jadikan jimat yang paling ampuh dan dosen merupakan dukun ilmu pengetahuan yang luar biasa sakti. Bagi anda, dosen yang baik adalah dosen yang mengajar dan menjelaskan dengan sangat jelas sehingga walau tidak baca bukupun anda akan paham dan mengerti.

Kondisi seperti ini akan memposisikan dosen sebagai tukang sulap yang kelihatan sangat pintar. Padahal sebenarnya dosen tersebut hanya mengetahui trik-trik yang sengaja disembunyikannya untuk kemudian menjualnya dikelas. Anda akan memperoleh catatan pengetahuan (tanpa pemahaman yang jelas dan mendasar tentang suatu konsep atau teori) melalui proses "copy paste" sedikit demi sedikit dari dosen tersebut.

Anda seperti baru dapat uang satu karung dan sudah merasa sangat puas hanya dengan memandangi dan menghirup aromanya saja tanpa harus membelanjakan dan menikmatinya. Lebih parah lagi kalau ternyata anda malah merasa nyaman dengan kondisi itu.! atau malah harapan anda kuliah yang sebenarnya memang seperti itu.? yang penting lulus dan mendapat gelar Sarjana atau Master..?

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada saat memutuskan untuk kuliah kita telah memiliki tujuan personal yang jelas dan konkret secara individual sebelumnya (apapun itu). Meskipun dalam prakteknya lebih merupakan bayang-bayang semu dan bahkan nyaris terbuai dalam mimpi bila kita tidak segera sadar dan bangkit untuk mengimplementasi kan tujuan awal tersebut secara nyata dalam bentuk "site plan" atau "career plan" yang benar-benar matang. Sehingga kita sebagai mahasiswa benar-benar memiliki konsep diri yang jelas tentang apa yang kita inginkan untuk terjadi setelah selesai kuliah nantinya.

Paling tidak dengan konsep ini sedikit banyak akan mempengaruhi gairah dan semangat serta perilaku belajar kita. Meskipun hal ini bukan merupakan suatu pekerjaan yang mudah tapi sudah selayaknya kita sebagai mahasiswa untuk tetap berusaha mencoba melakukannya agar tidak terpengaruh dengan warisan budaya mahasiswa yang sudah terlanjur menyimpang...

Mahasiswa Copy Paste adalah mahasiswa yang sudah merasa cukup puas dengan hanya “Datang, Duduk, Diam, Catat dan Malas untuk berfikir” dan merasa sangat nyaman bila dosen yang mengajar bisa menjelaskan dengan sangat jelas sehingga walau tidak baca bukupun akan paham dan mengerti. Pada kenyataannya mahasiswa bertipe seperti ini saat selesai kuliah nanti cendrung menjadi pengangguran dan akan sangat susah mendapatkan pekerjaan karena tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi atas kecakapan dan keahliannya dalam keilmuan yang dipelajarinya.

Mahasiswa Sejati adalah mahasiswa yang memiliki "site plan" atau "career plan" yang benar-benar matang dan telah memahami betul untuk apa dan akan menjadi apa setelah kuliah. Mahasiswa tipe ini dipastikan akan sangat mudah mendapat pekerjaan atau tidak tertutup kemungkinan pekerjaan yang akan mendatanginya.

Apapun itu, pilihan tetap ada ditangan anda... Renungilah dan berpikirlah sebelum mengambil suatu keputusan yang akan menentukan masa depan anda nantinya..


Semoga bermanfaat...


Wassalam...

Daftar Isi